h1

58 Tahun Hubungan Diplomatik Antara Rusia dan Indonesia

January 11, 2009

Hubungan diplomatik Rusia-Indonesia ternyata sudah memasuki tahun ke 58. Wah… lama juga yach…. Sudah setua itu hubungan bilateral ini memperlihatkan pasang surut, mengalami suatu kemajuan ataupun kemunduran hubungan. Tetapi, kedua negara ini tidak menyerah, setelah menempuh jalan benar, kedua negara memperlihatkan hasil dimana terbentuk suatu kebijaksanaan poitik yang memberikan rasa hormat terhadap kepentingan kedua belah pihak.

Kunjungan resmi mantan Presiden Megawati pada tahun 2003 memberi terobosan baru dengan ditandatanganinya suatu deklarasi yang berisi mengenai dasar-dasar hubungan persahabatan dan kerjasama antara Federasi Rusia dan Indonesia.

Pada saat Pemilu tahun 2004 Rusia mendukung penuh kegiatan ini sebagai langkah utama menuju demokratisasi masyarakat Indonesia. Terpilihnya Presiden Susilo B.Yudhoyono menambah erat hubungan kedua negara. Presiden SBY mengadakan kunjungan resmi ke Rusia pada tahun 2006. Pada abad ini peluang yang luas dan menjanjikan tercipta untuk kerjasama Rusia – Indonesia. Kerjasama di lakukan dalam bidang sosal, budaya, politik dan ekonomi serta teknologi-teknologi militer. Tetapi …. Dalam bidang pendidikan….. kenapa masih kurang ya…..

Semoga di tahun-tahun berikutnya….pemimpin kedua belah negara dapat meninjau ulang kerjasama dalam bidang pendidikan ini, sehingga untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Rusia, peserta didik dari Indonesia tidak mengalami kesulitan baik itu segi biaya, transportasi dan lain-lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: